Buscar

Páginas

Ajukan Pertanyaan Ini Untuk Calon Suami



Ajukan Pertanyaan Ini Untuk Calon Suami



Sudah siapkan pertanyaan untuk lebih mengenal calon suamimu ?
Kalau belum, semoga 5 pertanyaan ini bisa menjadi referensi ya
Pertama, tanyakan visi misi dia untuk berumah tangga. Agar jelas tujuan dan kiat-kiat dia dalam membangun keluarga.

Kedua, tanyakan juga kepadanya tentang kualitas ibadah. Ibadah sunnah apa saja yang biasanya ia lakukan, ibadah yang dapat diunggulkan, agar kita juga bisa mengimbanginya. Kalau yang wajib dan sunnahnya oke, alhamdulillah semoga kita dapat mengimbangi. Namun kalau belum, itu bisa jadi pertimbangan. Karena suami adalah panutan bagi istrinya dan menikah adalah bagian dari ibadah, maka jangan sampai kelalaian si dia juga membuat kita lalai.

Nah yang ketiga, cara dia memperlakukan ibunya. Jawabannya sangat berpengaruh bagaimana caranya memperlakukan istrinya kelak. Karena Ibu adalah wanita yang paling dekat dengannya, sama seperti kita nanti. Kalau perlakuannya baik kpd ibunya, maka insya Allah perlakuannya juga baik kepada wanita yang akan menemani kesehariannya nanti.

Tanyakan pula cara dia mengatur dan sumber nafkah yang akan ia berikan kepada keluarganya kelak. Karena tak dapat dipungkiri, kehidupan berumah tangga memang butuh kejelasan materi. Meski kita tau bahwa Allah Sang Pemberi Rezeki, namun mempertanyakan ini kepadanya bukan berarti tanda tidak syukur kita yaa. Hanya saja hal ini perlu ditanyakan untuk melihat kesiapan dan tanggung jawab si calon.

Kelima, tempat tinggal setelah menikah. Bukan menanyakan rumahnya semewah apa.. bukan juga menyakan luas tanahnya. Cukup tanyakan dimana kita akan tinggal setelah menikah. Baik itu rumah sepetak ataupun ngontrak, setidaknya si dia sudah mempersiapkan tempat dimana memulai rumah tangganya.

Pertanyaan diatas hanya sebagian kecil, biasanya wanita lebih banyak bertanya karena memiliki ke-kepoan yang tinggi. Mulai dari kebiasaan sehari-hari sampai pandangannya tentang poligami. Tak apa, selama pertanyaannya syar’i dengan tujuan perkenalan yang baik.

Oh ya.. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dilakukan secara langsung, tapi tidak berduaan. Pertemuan dilakukan berempat. Kamu, perantaramu, calon, dan perantara si calon. Tujuannya agar ada saksi dari jawaban pertanyaan serta menghindari fitnah.

Created by Hijab Alila

0 comments :

Post a Comment

 

"Welcome To My Blog"

My Profil

Nama : Annisa Assadah

TTL : Tangerang 27 Oktober 1992

Fakultas : Ekonomi

jurusan : Akuntansi Konsentrasi Syariah

Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang

"La Tahzan Innallaha ma'ana, Hamasah"

Social Stuff

Info